Salam blog,
Lama sekali tidak posting artikel jadi kangen… :) . Sebelumnya
terimakasih telah berkunjung di blog saya yang ala kadarnya tetapi semoga
bermanfaat. Membuat artikel sambil ditemani music dan hujan itu rasanya kurang pas ya kalo tidak ditemani seseorang yang kita sayangi... T.T
Tuhkan malah BAPER... Ya dah langsung saja ke TKP...
Dalam artikel ini saya akan menerangkan atau ngasih source code program menghitung segitiga sikusiku memakai java...
Dalam artikel ini saya akan menerangkan atau ngasih source code program menghitung segitiga sikusiku memakai java...
Soalnya begini:
Buatlah
kelas S3Sikusiku untuk
membuat obyek segitiga siku-siku, memiliki:
·
Atribut alas, tinggi, miring (tanpa
enkapsulasi).
·
Atribut luas, kell (dengan
enkapsulasi).
·
Metode setLuas() →
untuk menghitung luas segitiga dengan rumus = alas x tinggi /2.
·
Metode setKell()
→
untuk menghitung keliling segitiga dengan rumus
= alas + tinggi + miring
Sedangkan
(Gunakan kelas Math metode sqrt() dari paket java.lang)
·
Konstruktor untuk
mengisikan alas, tinggi, miring dan
otomatis menghitung luas dan kell.
Buatlah program dengan nama kelas Tugas1 yang isinya meminta masukan
nilai untuk alas, tinggi dan miring, kemudian akan memunculkan
tampilan nilai luas dan kell di layar. (Gunakan
konstruktor untuk membentuk obyeknya).
Mari kita pecahkan … Pecahkan pake palu bisa gak ya ?.? hehe… Langsung pembahasan aja:
Pertama kita buat dulu nih Class S3Sikusiku nya :
Pasti kalian sudah tau kan cara membuat class ? saya gak
kasih tau caranya,tapi bagi yg belum tau gini caranya : Dibagian Packet klik
kanan >> lalu New >> Java class…
Setelah muncul jendela baru lalu isi coding nya:
Pertama, Membuat Atribut alas, tinggi, miring dulu dan tanpa
enkapsulasi.
Lalu yang kedua yaitu membuat Atribut luas dan kell nya
dengan Enkapsulasi .
Enkapsulasi digunakan untuk membungkus informasi atau detaildari
atribut dan method yang diamankan. Seperti Public, Private, Protected,
Friendly.
Lalu langkah selanjutnya, membuat Metode setluasnya :
Coding yang terkandung didalam setluas ini adalah rumus luas
segitiga tersebut dan coding nya seperti berikut.
Selanjutnya, memebuat Metode setkell nya :
Didalam metode ini kita jg menaruh rumus disini. Rumus keliling
“alas+tinggi+miring” dan di soal kita harus menentukan rumus miring juga dan
rumus miring mengunakan metode math dan di bagian import kalian tambahkan “import
java.lang.*;” lalu kalian gabung rumus tersebut di dalam setkell nya. Seperti berikut
:
Lalu langkah terakhir adalah membuat konstruktor nya,konstruktor
digunakan untuk memberi nilai pada saat new digunakan untuk membuat instan
class dan coding nya seperti berikut :
Selesai. Class S3Sikusiku sudah jadi sekarang lanjut ke
class Tugas1:
Buat class baru, lalu yang pertama adalah membuat main di
public class Tugas 1, dan “import
java.until.*;” di atas nya. Seperti berikut.
Lalu dibawah main buat inputan scannernya terlebih dahulu.
Lalu buat Atributnya yaitu Alas dan Tinggi nya. Loh kok
miringnnya gak dimasukkan ? soalnya inputan miring sudah terrealisasi oleh inputan
alas dan tinggi di rumus setkell tadi. Seperti berikut :
double alas, tinggi;
Selanjutnya, membuat inputanya, sebagai contoh seperti
berikut..
Lalu tulis Konstruktor nya,
Lalu terakhir buat outputnya….
Selesai, Semoga bisa membantu buat teman-teman semuanya..
Good Luck ^_^
0 komentar:
Post a Comment